Articles & News

4 Aspek Penting Strategi Perusahaan

Share :
25/05/2016 09:09:39 WIB | Dibaca: 475 kali |

Pengusaha Indonesia kini gencar mempersiapkan langkah pertumbuhan yang lebih kuat dari tahun ke tahun untuk menghadapi lemahnya kondisi ekonomi yang selalu menurun ini.

Perlu 4 aspek penting strategi yang fokus pada keberlangsungan pertumbuhan perusahaan, dengan mengantisipasi siklus bisnis pada fase pertumbuhan (boom) maupun penurunan (bust).

 

Berikut 4 aspek yang perlu diketahui oleh Perusahaan :

 

Identify sweet spots in your arena

Hindari pandangan myopic dengan mengkombinasikan analisa eksternal dengan keahlian manajerial dalam membuat pilihan-pilihan penting untuk bisnis Anda, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

 

Adjust your portfolio strategy and growth engines

Pertumbuhan tidak dapat dihindari; produk core Anda mungkin memasuki tahap maturity sementara produk baru belum mendapatkan momentum yang cukup di pasar. Selalu targetkan untuk memperkuat bisnis core dan pada saat yang sama memastikan bisnis baru untuk mendukung dan melengkapi core tersebut. Portfolio bisnis yang sehat memerlukan disiplin yang tinggi. Namun, pastikan framework portfolio yang digunakan cukup fleksibel untuk mengakomodasi peluang bisnis opportunistic yang mungkin muncul.

 

Look for non-traditional ways of financing to secure growth

Struktur pendanaan internal kadang tidak cukup untuk membiayai seluruh proyek/inisiatif pertumbuhan yang telah teridentifikasi untuk bisnis Anda. Pembiayaan eksternal merupakan salah satu hal kunci untuk mempercepat investasi bersifat capital intensive agar dapat mendahului kompetitor. Berikan perhatikan khusus pada proses due diligence, pemilihan partner usaha, struktur pembiayaan dan profil resiko.

 

Ensure you have the appropriate army to ride on the business cycles

Mendapatkan talent yang tepat untuk melaksanakan inisiatif dan proyek critical akan menjadi lebih menantang karena makin besarnya gap antara supply dan demand. Perusahaan-perusahaan terkemuka kini berinvestasi secara agresif untuk merekrut dan mengembangkan SDM, namun seringkali melupakan sistem internal yang dibutuhkan untuk menempatkan dan mempertahankan talent secara efektif.

 

Jadi tentukan strategi organisasi, tata kelola dan budaya perusahaan secara khusus untuk memastikan kesuksesan talent dan bisnis Anda.

 


Kolom Facebook

Kolom Workshop Terbaru