
Oleh: Mathiyas Thaib
Kedua buku ini memberikan pembelajaran tentang keunggulan BIAYA RENDAH berbasis INOVASI PROSES dan bagaimana cara melaksanakannya.
"Dragon at your Door" menjelaskan dan menceritakan tentang bagaimana bangsa China melalui kebijakan ekonomi dan perusahaan-perusahaannya, bersaing secara global dalam 15-20 tahun terakhir menghadapi bangsa-bangsa barat yang telah lebih dahulu maju dalam bidang industri.
Perusahaan-perusahaan China saat ini telah berhasil merubah pandangan bangsa-bangsa barat yang sebelumnya selalu menyatakan bahwa produk-produk China berkualitas buruk dan harganya murah......Lupakan masa lalu. Produk-produk China saat ini telah memiliki kualitas yang sangat baik setara atau melebihi produk-produk negara barat tetapi berharga murah.
Semua terjadi karena perusahaan perusahaan China telah melakukan terobosan dengan INOVASI PROSES BERBIAYA RENDAH di fungsi-fungsi RISET & PENGEMBANGAN , RANCANG BANGUN & ENJINERING. Yang mana hal ini tidak pernah dapat dilakukan oleh perusahaan-perusahaan barat, karena perusahaan-perusahaan barat masih terbelenggu dengan paradigma bahwa fungsi-fungsi tersebut berbiaya mahal.
Karenanya perusahaan China telah mampu menurunkan biaya secara mendasar dalam membuat produk-produk berteknologi tinggi, sehingga harga jualnya sangat kompetitif untuk dibawa ke pasar global.
Hal lain lagi yang cukup spektakuler adalah INOVASI PROSES di fungsi OPERASI & PRODUKSI , sehingga produk-produk China telah dapat di buat secara masal (mass production) dengan variasi yang sangat beragam (multy variation) tetapi tetap dapat dikostumisasi (customized) dengan biaya rendah, untuk dijual dipasar global dengan harga murah. Hal ini tidak pernah dibayangkan sebelumnya oleh bangsa barat.
Buku Extreme Toyota memberi pembelajaran tentang bagaimana perusahaan otomotif terbesar Jepang yaitu TOYOTA telah berevolusi secara konsisten untuk menjadi juara (champion) di industri otomotif secara global.
Hal yang tak dapat dipungkiri, saat ini toyota adalah industri otomotif global terbesar dengan tingkat keuntungan paling tinggi dan kapitalisasi pasar terbesar. Bandingkan dengan tiga perusahaan otomotif Amerika (GM, Ford dan Chrysler) yang saat ini sedang dalam proses bernegosiasi dengan pemerintahnya untuk minta tolong ditalangi (bail out) dengan ancaman bila tidak ditolong akan menjadi bangkrut dengan korban PHK ribuan tenaga kerja.
Toyota telah mampu membangun dan memiliki kerangka kerja yang disebut Toyota Production System (TPS) yang merupakan INOVASI PROSES di fungsi OPERASI DAN PRODUKSI yang membuat semua produk keluaran Toyota BERHARGA TERJANGKAU sesuai dengan sasaran konsumennya, kerena diproduksi dengan BIAYA RENDAH.
Saat ini Toyota Production System (TPS) telah banyak diadopsi oleh perusahaan perusahaan global, baik perusahaan dibidang produksi maupun jasa seperti rumah sakit, bank ataupun hiburan.
Hal yang spektakuler adalah tentang Toyota Lexus. Toyota Lexus mulai diproduksi pada tahun 1980-an di Amerika, karena pada tahun tersebut pemerintah Amerika telah membatasi mobil import berukuran sedang dan kecil untuk melindungi ketiga industri otomotifnya.
Sementara itu Toyota telah menetapkan bahwa Amerika adalah pangsa pasar terbesarnya, karena memang toyota memproduksi mobil berukuran sedang dan kecil, dan mobil-mobil ini terkenal dengan harganya yang tidak mahal dan terjangkau dengan penggunaan bahan bakar yang irit.
Karena adanya kebijakan pemerintah amerika untuk membatasi import mobil berukuran sedang dan kecil, maka Toyota harus membangun pabrik di Amerika yang harus bersaing dengan mobil-mobil kelas atas keluaran GM, Ford & Chrysler.
Tidak ada jalan lain bagi Toyota harus tetap membuat dan membangun industri mobil di Amerika pada tahun 1989, tetapi tetap dengan misi dan visi yaitu mobil yang berharga terjangkau walaupun untuk kelas atas, dan itulah TOYOTA LEXUS .
Dalam kurun waktu 20 tahun, Toyota akhirnya mampu menempatkan Toyota Lexus menjadi mobil kelas atas dengan harga terjangkau, dan saat ini di Amerika Toyota Lexus memiliki pangsa pasar yang paling besar mengalahkan mobil keluaran amerika sendiri ataupun negara lain seperti Mercedes, BMW, Audi dll. Semua ini adalah berkat proses inovasi di bidang produksi .
Dari hal di atas terlihat bahwa kata kunci untuk BERDAYA SAING (Competitiveness) adalah INOVASI PROSES (Process Innovation) untuk BIAYA RENDAH (Low Cost) dan NILAI (Value) untuk PELANGGAN(Customer), bukan PEMOTONGAN BIAYA (Cost Cutting) ataupun program Promosi (Promotion) tanpa dasar produk dan jasa yang UNGGUL.
Semua ini telah dirancang ( By Designed) oleh bangsa china dan Toyota didalam keadaan ekonomi global yang normal dan stabil, dan dalam keadaan krisis ekonomi seperti sekarang yang datang secara mendadak, merekalah yang paling siap dalam segala hal.
Download : [klik di sini]